Home > Ekonomi

Jalinan dan jaringan kerjasama Biro Ekonomi LPMAK dengan lembaga-lembaga dibawah ini :

  • PT. Freeport Indonesia sebagai Donatur Utama (lembaga donor) dan support sistem.

Keberadaan PT Freeport Indonesia (PTFI) memiliki peran yang besar dalam pembangunan di Indonesia pada tingkat lokal dan nasional. Selain memberikan dana royalti dan pajak kepada pemerin tah, PTFI juga memiliki tanggung jawab sosial untuk membangun dan mengembangkan masyarakat lokal di sekitar wilayah operasinya. Tanggung jawab sosial itu diwujudkan dengan menghibahkan dana sebesar satu persen dari pendapatan kotor tahunan kepada masyarakat local di Kabupaten Mimika. Hasilnya, di bidang ekonomi kerakyatan sampai saat ini telah berkembang ribuan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dengan berbagai jenis usaha.

  • Keuskupan Timika : Pemberdayaan ekonomi masyarakat pesisir.

Banyak masyarakat Kamoro di wilayah pesisir yang hidup dibawah garis kemiskinan.   Masyarakat belum mampu memanfaatkan potensi sector perikanan dan perkebunan di wilayah peisisir karena persoalan geografis, transportasi dan jauh dari pasar. Pada tanggal 13 Oktober 2008, LPMAK menandatangani nota perjanjian kerjasama dengan Keuskupan Timika Nomor 631/SE-LPMAK/II-A/XI/2008 untuk menyedeiakan fasilitas pendukung yang dibutuhkan masyarakat yang tinggal di 30 kampung pesisir agar mereka dapat memanfaatkan potensi alam yang ada secara berkelanjutan sehingga ketahanan ekonomi masyarakat pesisir semakin meningkat. Dalam perjanjian kerjasama ini pihak Keuskupan akan melakukan program penguatan ekonomi masyarakat di wilayah pesisir dilakukan dengan cara menggerakkan kelompok-kelompok usaha disektor perikanan, perkebunan, dan kios (sembako), memfasilitasi masyarakat untuk mengeliola uang dengan system simpan pinjam, menyediakan sarana pendukung produksi dan pengelolaan hasil produksi, member bantuan lunak untuk modal usaha, membeli dan menjual hasil usaha (sektor perikanan).

  • Penyaluran program dana bergulir

Untuk mengefektifkan penyaluran program dana bergulir LPMAK telah menjalin kerjasama dengan 6 lembaga perbankan di Timika. Pada 14 Agustus 2008 LPMAK menandatangani kerjasam dengan Bank Papua, BRI, Bank Mandiri,  Bank Mega, Bank Niaga dan Bank Danamon. Kerjasama ini dilakukan untuk memperbaiki system pelayanan kepada masyarakat tujuh suku yang menjadi peserta program dana bergulir. Dalam perjanjian ini disepakati Bank Papua akan melayani masyarakat Kamoro dan Moni, Bank Mandiri melayani masyarakat damal, Bank Niaga melayani masyarakat Amungme, Bank Rakyat Indonesia melayani masyarakat Dani, Bank Danamon melayani masyarakat Nduga dan Bank Mega melayani masyarakat Mee.

  • Amarta-USAID

LPMAK bekerja sama dengan Amarta-USAID  Untuk meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat di wilayah kampung- kampung asli. Kerjasama  yang dilakukan meliputi :  program perikanan, pertanian dan agribisnis.

  • Bina Swadaya Konsultan : Konsultansi pendampingan.
  • Pemerintah dan Dinas Terkait : Kerjasama program dan pelatihan.
  • UI, UNIPA, UNCEN, Dll : Penelitian dan pendampingan