Home > Event > Anugrah Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat Award 2014 test
01 Juni, 2017
Jakarta

Browse map


Jakarta, 19 Agustus – Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia bekerjasama dengan Cendekia Synergy kembali menyelenggarakan kegiatan pameran nasional dan pemberian penghargaan (Expo & Award) bertajuk Gelar Karya Pemberdayaan (GKPM) 2014. Kegiatan GKPM ini merupakan kegiatan tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2009. Kegiatan akan diselenggarakan selama 4 (empat) hari yaitu tanggal 21 – 24 Agustus 2014, bertempat di Hall B Gedung Jakarta Convention Center (JCC). Dari tahun ke tahun kegiatan ini menjadi ajang unjuk hasil bagi para penyelenggara program yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat, yang telah banyak dilakukan baik oleh pemerintah melalui Program PNPM Mandiri-nya, oleh organisasi masyarakat, maupun oleh dunia usaha melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dikalangan swasta, maupun Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) dikalangan BUMN.

Kegiatan GKPM tahun 2014 ini mengambil tema “Gelar Karya Pelestarian Pusaka Melalui Pemberdayaan Masyarakat Untuk Kesejahteraan Bangsa”. Tema tesebut dipilih dalam pelaksanaan kegiatan pameran dan penghargaan GKPM 2014 dengan tujuan agar menjadi:

  • Sarana dalam menebar semangat untuk mau melestarikan dan mengembangkan Pusaka (heritage) bangsa, sebagai daya dorong dalam program pemberdayaan masyarakat dimasa depan, sekaligus memberikan kesempatan untuk peningkatan kepedulian publik tentang keberagaman pusaka alam dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia.
  • Membuka ruang informasi sekaligus identifikasi PNPM, peran CSR dunia usaha nasional dan PKBL – BUMN, maupun karya inovatif anak bangsa, dengan pengukuran indicator keberhasilannya, guna terwujudnya pertumbuhan yang berkualitas, melalui pendekatan pemberdayaan dan revitalisasi potensi pusaka leluhur bangsa bersama segenap komponen tanah air untuk peningkatan kesejahteraan rakyat dan persatuan Indonesia.

Tema dan tujuan tersebut diangkat berdasarkan berbagai pertimbangan bahwa begitu banyak hasil dan manfaat yang telah dibangun melalui beragam program pemberdayaan. Program pemberdayaan tersebut baik berupa pembangunan fisik infrastruktur maupun pembangunan non fisik dan penguatan ekonomi bagi masyarakat miskin di wilayah perkotaan maupun perdesaan, yang kesemuanya bertujuan pada upaya penanggulangan kemiskinan. Untuk menjamin program pemberdayaan masyarakat agar tepat sasaran dan tepat guna, pemerintah pusat menghimbau masing-masing pemerintah daerah untuk melakukan inisiasi inovatif terhadap regulasi dan program daerah mengisi dan melengkapi hasil yang telah dicapai dalam program PNPM Mandiri dan program pemberdayaan masyarakat lainnya. Penguatan tersebut dapat dilakukan pada memperkuat kembali beragam kearifan lokal dan kekayaan budaya serta peninggalan sejarah masa lalu yang terdapat di masing-masing daerah.

Upaya penanggulangan kemiskinan tidak melulu hanya berbicara mengenai pembangunan fisik maupun yang terluhat lainnya. Melainkan juga harus memperhatikan pembangunan manusia pada aspek yang intangible (tidak terlihat) yaitu menumbuhkan kembali berbagai kebiasaan positif yang sebenarnya sudah ada sejak dahulu seperti gotong royong, toleransi, serta memelihara dan mengembangkan kekayaan budaya bangsa Indonesia. Kekayaan Indonesia mencakup kekayaan alam, budaya, serta kombinasi keduanya, yang semua itu merupakan Pusaka Indonesia yang harus terus dijaga dan dilestarikan serta didayagunakan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia.

Rancangan Penyelenggaraan

Pameran Nasional GELAR KARYA PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (GKPM) EXPO & AWARD 2014 dirancang dengan konsepsi perluasan informasi pelaksanaan PNPM Mandiri, sekaligus berfungsi sebagai sarana sosialisasi program CSR, PKBL BUMN maupun karya innovasi anak bangsa, mendukung keberlanjutan PNPM dalam penanggulangan kemiskinan.

Pameran akan diikuti oleh: berbagai instansi Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN/ Swasta Nasional, Kelompok masyarakat kreatifitas dan inovatif, Perbankan / Lembaga Keuangan Non Bank/Koperasi, Lembaga Donor, Dharma Wanita / Pengurus PKK, Usahawati & Organisasi Profesi Pemberdayaan Perempuan, Konsultan Pengembangan Daerah Pedesaan / Kota, Lembaga, Asosiasi Profesi, Konsultan Pedidikan, Lembaga Pelayanan, Asosiasi Profesi Bidang Kesehatan, UMKM & Pengembangan Pasar, Media elektronik, cetak dan Teknologi Informasi.

Berbagai kegiatan akan diselenggarakan sebagai bagian dalam GKPM 2014, yaitu diantaranya: Seremoni dan pentas seni pada pembukaan, mini seminar, dialog interaktif, peragaan karya kreatif anak bangsa, Gelar seni dan budaya, bermacam lomba dan kreasi, penganugerahan karya “Pemberdayaan Masyarakat”, pemilihan booth terbaik, penutupan pameran.

Informasi lebih lanjut, Tika Pratiwi 0812 8461 1355 (EO); Widjanarko 0812 9855 8082 (Kemenko Kesra); Dita 0896 2864 6494 (Set. Pokja Pengendali PNPM).(Gs).