Home > Lainnya

Kemitraan dengan LEMASA (Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme) dan LEMASKO (Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro) lembaga Gereja (Gereja Katolik, GKI, GKII dan Denominasi gereja kristen lainnya) di Mimika, diarahkan pada dukungan pendanaan untuk menunjang program-program yang sudah ada di lembaga-lembaga ini.
Peranan LPMAK menjalankan fungsi pengawasan dan atau sepervisi, pendampingan, sosialisasi SISDUR (Sistem dan Prosedur) penggunaan dana, evaluasi program yang dananya bersumber dari PTFI, disalurkan melalui LPMAK.

A.    LEMASA
Kepada LEMASA Kami memfasilitasi serta member banruan BAMA (Bahan Makanan) untuk kedukaan bagi Kepala Suku atau Tokoh masyarakat yang meninggal dunia.
2008 lalu, Kami membiayai satu kali penerbangan Helicopter Airfast untuk pengiriman barang-barang gereja ke sejumlah kampong terpencil wilayah pegunungan.
Bersama PTFI Kami memberikan dukungan dana bagi pembangunan gedung serba guna LEMASA di Mile 32 Timika.
Gedung ini telah diserah-terimakan kepada LEMASA, selain itu, Kami juga member dukungan dana dan fasilitasi bagi pelatihan Pemetaan Tanah Adat, yang diikuti oleh 8 (delapan) orang staf LEMASA, dengan pemateri dari Universitas Indonesia-jakarta.

B.    LEMASKO
Kepada LEMASKO, Kami memberikan dukungan dana operasional, training pemetaasn, penguatan perangkat kerja LEMASKO serta mendukung sejumlah program kerja seperti BAMA (Bahan Makanan) kedukaan, penimbunan halaman tugu patung Mapurupuwau di Mapurujaya, mendanai kebutuhan administrasi dan perkantoran.
Dukungan dana dalam rangka persiapan samapi dengan pelaksanaan MUSDAT(Musyawarah Adat) pada akhir 2008 lalu.
Dukungan yang sama juga diberikan untuk pelaksanaan kursus Pemetaan Tanah adat oleh 6 (enam) orang staf LEMASKO di Universitas Indonesia-Jakarta, termasuk pelatihan staf LEMASKO yang diselenggarakan oleh konsultan.

C.    GEREJA-GEREJA

Gereja Katolik Dekenat Mimika Akimuga
Selain memberikan dukungan dana kepada lembaga adat, Kami juga memberikan dukungan dana pelaksanaan program kerja dari Gereja Katolik Dekenat Mimika-Akimuga.
Dukungan dana yang diberikan bertujuan untuk mendorong pelaksanaan program kerja, terdiri dari :

  1. Bantuan dana kepada MUDIKA (Muda Mudi Katolik) Keuskupan Timika menghadiri kegiatan Siarah dan pertemuan MUDIKA se-Dunia Sidney-Australia selama seminggu.
  2. Bantuan dana kepada Delegasi Keuskupan Timika, menghadiri acara Seminra Hidup Baru sebesar Rp. 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) acara ini di ikuti oleh 6 (enam) orang delegasi.
  3. Bantuan dana kepada 5 (lima) orang perwakilan WKRI Cabang Tiga Raja mengikuti kongres WKRI di Denpasar Bali selama seminggu dan masih banyak kegiatan lainnya.

GKII (Gereja Kemah Injil Indonesia) Klasis Mimika dan Jila
Kami memberikan kontribusi dana, untuk pelaksanaan program Gereja, seperti :

  1. Melayani sejumlah permintaan carteran Helicopter Airfast ke daeah pedalaman.
  2. Pembangunan 4 (empat) gedung Gereja di Bela, Diloa, Umpliga dan Alama.
  3. Mendirikan 4 (empat) koperasi gereja di Timika kota, SP XII, Kwamki Narama dan Tembagapura.
  4. Penambahan dan pelebaran lapangan terbang perintis di Duma, Kabupaten Dogiyai.
  5. Pembangunan perpustakaan Sekolah Tinggi Thelogia Kristen Russel (STTKR) di Timika.
  6. Memfasilitasi dan Menjadi Penengah bagi penyelesain konfig antar kelompok masyarakat Duma, Kabupaten Dogiyai.

GKI (Gereja Kristen Injil) di Tanah Papua Klasis Mimika
Kami memberikan dukungan dana kepada GKI Tanah Papua, Klasis Mimika, untuk mendorong kelancaran program gereja, serta sejumlah kegiatan seperti :

  1. Acara HUT GKI di Tanah Papua, di lingkup klasis Mimika.
  2. Acara HUT Pekabaran Injil di Tanah Papua, di lingkup klasis Mimika.
  3. Pembangunan SD YPK Ebenheizer.
  4. Beasiswa kepada anak kurang mampu, yang berasal dari lingkungan jemaat untuk studi lanjut pada jenjang pendidikan SLTA sampai Perguruan Tinggi.
  5. Biaya layanan kesehatan bagi hamba-hamba Tuhan di lingkup klasis Mimika.
  6. Penyuluhan bahaya HIV/AIDS kepada umat dari masing-masing jemaat.
  7. Rehab ringan kantor klasis, pengurusan surat tanah dari sejumlah bangunan dan tanah milik gereja.
  8. Operasional WARTEL (Warung Telekomunikasi)

Denominasi Gereja-gereja Protestan
Selain kemitraan dengan Gereja Katolik, GKII Klasis Mimika dan JIla serta GKI Tanah Papua Klasis Mimika. Kami juga bermitra dengan 60 denominasi Gereja Protestan di Mimika.
Bentuk dukungan, kami berikan secara terbatas dalam bentuk bantuan dana untuk seminar, kebaktian kebangunan rohani, pembangunan fisik.
Sebelum penyaluran, kami melakukan monitoring untuk memastikan permohonan dana yang diajukan betul-betul realistis sesuai kebutuhan.