Home > Strategic Plan

LPMAK adalah sebuah lembaga nirlaba yang berkedudukan di Kabupaten Mimika, bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan sosial-ekonomi masyarakat suku Amungme dan Kamoro, serta 5 kekerabatan suku lainnya (Moni, Dani, Mee/Ekari, Nduga dan Damal) yang bertempat tinggal di wilayah Kabupaten Mimika. Program-program LPMAK berfokus pada pemberdayaan masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan dan budaya dalam bidang  pendidikan, kesehatan, ekonomi kerakyatan, dan sektor lain yang sesuai.  Dalam mencapai tujuan tersebut, kerjasama melalui kemitraan dengan pemerintah, lembaga adat, lembaga agama, PT Freeport Indonesia (PTFI), dan lembaga lain menjadi bagian yang penting. Sumber utama pendanaan program kerja LPMAK saat ini adalah Dana Kemitraan PTFI yang juga dikenal dengan nama Dana 1 %.

Di masa yang akan datang tantangan yang akan dihadapi oleh LPMAK makin berat dan komplek. Tuntutan kepentingan dan harapan Para Pemangku Kepentingan (PPK) atau stakeholders  yang tinggi dan beragam kepada LPMAK merupakan semacam mandat yang perlu dipenuhi.  Disamping itu, secara internal LPMAK menghadapi persoalan-persoalan seperti: kemampuan organisasi belum sesuai dengan kebutuhan pelayanan program yang makin meluas, kekurangan kepemimpinan, kemandirian dan profesionalisme dalam pengambilan keputusan terkait untuk kepentingan lembaga, integritas seluruh karyawan dan badan-badan di LPMAK, dan keberlanjutan sumber pendanaan.  Dalam rangka pemenuhan tuntutan dan penyelesaian persoalan-persoalan tersebut, Rencana Stratejik (RENSTRA) LPMAK tahun 2010 – 2014 dibuat dan disusun sebagai pedoman kerja dalam lima tahun kedepan.

Mengingat tantangan-tantangan tersebut dan untuk lebih dipahami serta dilaksanakan dengan baik maka RENSTRA 2010 – 2014 dilengkapi dengan Buku Pedoman Implementasi ini.  Buku ini juga dilengkapi dengan Siklus pengelolaan implementasi RENSTRA LPMAK 2010 – 2014, seperti tertera pada Lampiran 1.  Juga dilengkapi dengan Bagan sistem implementasi RENSTRA LPMAK 2010 – 2014, seperti tertera pada Lampiran 2. RENSTRA LPMAK 2010 -2014 terdiri dari 9 (sembilan) Tujuan Stratejik dan 25 sasaran stratejik sebagai tindak lanjut dari 9 (sembilan) Faktor Kunci Sukses atau Key Success Factor (KSF).

Ada tiga KSF utama LPMAK, yaitu Dana, Organisasi, dan Program.  Setiap KSF dirincikan kembali kepada tujuan-tujuan stratejik sebagai berikut:

  1. Tujuan Stratejik 1 – 3 merupakan Tujuan Stratejik yang berkaitan dengan KSF Pengelolaan Dana.
  2. Tujuan Stratejik 4 – 6 merupakan Tujuan Stratejik yang berkaitan dengan KSF Pengelolaan Organisasi (lembaga).
  3. Tujuan Stratejik 7 – 9 merupakan Tujuan Stratejik yang berkaitan dengan KSF Pengelolaan Program

Untuk meningkatkan efektifitas pengelolaan RENSTRA, LPMAK akan melakukan kegiatan pemantauan sebanyak tiga kali dalam setiap tahunnya sampai berakhir di tahun 2014.  Juga akan melakukan evaluasi tahunan untuk mengetahui bagaimana pencapaian dari setiap Tujuan Stratejik dan Sasaran-sasaran yang ditargetkan pada setiap tahunnya.