Radio Online LPMAK
Media Sosial Kami
Twitter LPMAK

LPMAK Fanpage

LPMAK Bantu Pembangunan Gedung Gereja St. Blasius di Kampung Mioko

LPMAK Timika – Papua | 01 April 2019
Uskup Keuskupan Timika, Mgr. Jhon Philip Saklil, Pr memberkati Gedung Gereja St. Blasius Kampung Mioko.


Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK), Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, membantu pembangunan gedung gereja Katolik stasi di Kampung Mioko, Distrik Mimika Tengah.

Sekretatis Eksekutif LPMAK, Abraham Timang di Timika, mengatakan LPMAK sebagai lembaga pengelola Dana Kemitraan PT Freeport Indonesia berupaya meningkatkan dan mengembangkan masyarakat termasuk dalam bidang pembangunan sarana peribadatan dalam rangka meningkatkan kehidupan rohani masyarakat.

Untuk itu LPMAK mengucurkan anggaran sebesar Rp1 miliar rupiah tahun 2018, untuk pembangunan gereja di Kampung Mioko.

Selain itu kata Abraham, dalam rangka mendukung kelancaran peresmian gereja, pihak LPMAK juga membantu meningkatkan jalan, yang merupakan akses ke kampung Mioko dengan menimbun jalan yang berlubang lantaran akses jalan dalam kondisi rusak berat.

Abraham menegaskan bahwa LPMAK dalam hal ini ikut mendukung Gereja Katolik Keuskupan Timika terkait pembangunan gedung gereja di Mioko sehingga nanti sepenuhnya digunakan untuk kepentingan umat Katolik di Mioko.

Peresmian dan pemberkatan

Gedung Gereja Katolik St, Balsisus yang telah selesai dikerjakan, Kamis (28/3), telah disermikan, selain itu juga dilakukan pemberkatan oleh Uskup Keuskupan Timika, Mgr. Jhon Philip Saklil.

Acara tersebut dibalut dengan nuasa budaya suku Kamoro tersebut berlangsung semarak mulai dari penjemputan para tamu dan undangan sampai pada peresmiannya.

Bukan saja itu, gedung gereja dihiasi oleh ukiran khas suku Kamoro dalam ornamen yang dipasang di dalam maupun di luar gereja.

Dalam sambutannya, Ketua panitia, Norman Karupukaro atas nama panitia dan atas nama seluruh umat Katolik di Kampung Miyoko memberikan apresiasi kepada semua pihak atas dukungan sehingga bisa berdirinya bangunan gereja yang baru.

Sementara itu, Uskup Timika, Jhon Saklil juga mengapresiasi usaha panitia mampu menyukseskan kegiatan peresmian gedung gereja tersebut. Ia mengapresiasi upaya panitia yang menurutnya tidak mudah namun dengan penuh rasa tanggungjawab panitia bisa menyelenggarakan kegiatan dengan baik dan lancar. (Jeremias Rahadat/antarapapua)

 


SEJARAH KAMI

Pemerintah Provinsi Irian Jaya dan PT Freeport Indonesia (PTFI) pada bulan April 1996, memprakarsai suatu rencana pembangunan di kawasan operasi perusahan dengan sasaran utama pada sejumlah Kampung asli Amungme dan Kamoro di seputar kota Timika.

Rencana tersebut tidak berjalan mulus, hingga terbentuklah Program Pengembangan Masyarakat Timika Terpadu (PWT2) yang cakupannya lebih luas meliputi warga suku Amungme dan suku Kamoro serta kekerabatan lima suku yang berdomisili di Mimika.

Lembaga PWT2 telah mengelola Dana Kemitraan PTFI yang dialokasikan sebesar dari 1% penghasilan PTFI sebelum dipotong pajak dan kewajiban lainnya. Dua tahun kemudian pada bulan Agustus 1998, Masa transisi dan reposisi lembaga, di mana seluruh program yang dilakukan PWT2 dihentikan.

Baca selengkapnya ...

HUBUNGI KAMI :
Kantor Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso (Eks Incubator PTFI) Timika,
Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321521, 322450, 3217563.
Faks : 0901 – 321933, 323505.
Kantor Urusan Program :
Jalan Ahmad Yani, No. 68 A. Timika, Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321817, 322888.
Faks: 0901 – 323318.
Website : www.lpmak.org
Facebook : lpmak
Twitter : @lpmak_
Website: lpmak.org
Peta Lokasi