Biro Humas Garap Video Dokumenter Program LPMAK

LPMAK Timika – Papua | 14 May 2019
Pembuatan film dokumenter program-program LPMAK di Kaokanao. (Jemis Mario Muskitta/LPMAK)


Biro Humas Lembaga Pengembangan Suku Amungme dan Kamoro (LPMAK) Timika, Mimika, Papua mendokumentasikan program pendidikan yang telah dilaksanakan tahun 2018 di sejumlah kota di luar Papua.

Kepala Biro Humas LPMAK, Thobias Maturbongs di Tomohon, menga­takan dokumentasi program pendi­dikan merupakan agenda rutin ta­­hunan yang mana semua program baik pendidikan, kesehatan dan eko­nomi yang telah dijalankan kemudian didokumentasikan dan selanjutnya dipublikasikan kepada masyarakat Mimika melalui media massa.

“Kebetulan program Biro Pendidik­an LPMAK lebih banyak bekerja sama dengan mitra pendidikan yang ada di luar Timika, Mimika, Papua, sehingga memang kami melakukan peliputan dan dokumentasi ke beberapa kota studi tempat mitra kerja LPMAK seperti di Manado dan Tomohon di Sulawesi Utara, beberapa kota di Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur,” ujarnya.

Hasil dokumentasi berupa foto dan video tersebut akan dipresentasikan Badan Pengurus dan Badan Musya­warah LPMAK di Timika serta akan dipublikasikan di media televisi lokal dan nasional.

LPMAK juga kata Thobias, akan meng­gunakan hasil dokumentasi ter­­sebut untuk pelaporan kepada PT. Freeport Indonesia, dan selanjut­nya Freeport akan menggunakannya untuk laporan kepada pendonor di Amerika.

“Data yang dihimpun juga akan digunakan untuk melengkapi lapor­an-laporan internal LPMAK,” ujar­nya.

Thobias menjelaskan bahwa pada tahun-tahun sebelumnya, dokumentasi program hanya dilakukan secara umum namun kali ini LPMAK secara khusus melihat langsung pendidikan yang menurutnya spesifik misalnya program studi pendidikan dengan jurusan tertentu seperti jurusan penerbangan, kesehatan, pendidikan (guru) serta jurusan teknik.

Hal tersebut menurut dia, sejalan dengan keputusan Badan Pengurus dan Badan Musyawarah LPMAK yang mana Biro Pendidikan LPMAK fokus kepada jurusan yang memiliki peluang langsung kerja usai kuliah.

Selain dokumentasi pelaksanaan program, tim LPMAK juga pada kesempatan kunjungan ke kota studi untuk melihat secara dekat perkembangan peserta beasiswa yang dikirim LPMAK, mendapat penjelasan terkini para kepala sekolah maupun mitra pendidikan yang ada di masing-masing kota studi.

Kegiatan Biro Humas ini juga melibatkan Biro Pendidikan LPMAK yaitu Kepala Bidang Anak dan Pemuda, Fransiskus Wanmang.

Setelah itu, Tim Biro Humas bersama perwakilan Biro Program Ekonomi, Biro Kesehatan dan BiroPendidikan melakukan kegiatan yang sama di wilayah kota Timika dan Pesisir serta Pegunungan Kabupaten Mimika. (jeremias rahadat)



Radio Online LPMAK
Media Sosial Kami
Twitter LPMAK

LPMAK Fanpage

SEJARAH KAMI

Pemerintah Provinsi Irian Jaya dan PT Freeport Indonesia (PTFI) pada bulan April 1996, memprakarsai suatu rencana pembangunan di kawasan operasi perusahan dengan sasaran utama pada sejumlah Kampung asli Amungme dan Kamoro di seputar kota Timika.

Rencana tersebut tidak berjalan mulus, hingga terbentuklah Program Pengembangan Masyarakat Timika Terpadu (PWT2) yang cakupannya lebih luas meliputi warga suku Amungme dan suku Kamoro serta kekerabatan lima suku yang berdomisili di Mimika.

Lembaga PWT2 telah mengelola Dana Kemitraan PTFI yang dialokasikan sebesar dari 1% penghasilan PTFI sebelum dipotong pajak dan kewajiban lainnya. Dua tahun kemudian pada bulan Agustus 1998, Masa transisi dan reposisi lembaga, di mana seluruh program yang dilakukan PWT2 dihentikan.

Baca selengkapnya ...

HUBUNGI KAMI :
Kantor Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso (Eks Incubator PTFI) Timika,
Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321521, 322450, 3217563.
Faks : 0901 – 321933, 323505.
Kantor Urusan Program :
Jalan Ahmad Yani, No. 68 A. Timika, Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321817, 322888.
Faks: 0901 – 323318.
Website : www.lpmak.org
Facebook : lpmak
Twitter : @lpmak_
Website: lpmak.org
Peta Lokasi