17 Pasien, Operasi Katarak Gratis

LPMAK Timika – Papua | 16 May 2019
Tim dokter membuka tutup mata setelah pasien di operasi.


BIRO Kesehatan Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) memberikan layanan operasi katarak gratis kepada 17 pasien di Rumah Sakit Mitra Masyarakat belum lama ini.

Dalam catatan Biro Kesehatan LPMAK, ada 19 pasien yang mengikuti pengecekan terakhir sebelum operasi. Namun dua pasien diantaranya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan tindakan operasi. Lantaran memiliki kadar gula yang tinggi dan kondisi katarak yang belum matang.

Kepala Biro Kesehatan LPMAK, Yusuf Nugroho mengungkapkan, dari 17 pasien yang dioperasi, dua berasal dari wilayah pesisir yakni Ipaya dan Amar. Sementara pasien lainnya merupakan pasien rujukan dari RSUD dan RSMM. Adapun tindak operasi katarak dilakukan oleh satu dokter, atas kerjasama LPMAK dengan John Fawcett Foundation dan Pemerintah Daerah Mimika.

“Katarak yang dioperasi tentu yang sudah matang. Umumnya pasien yang penghilatannya dengan jarak yang sangat pendek. Rata-rata pasien di atas umur 40 tahun, namun ada juga anak kecil usia 9 tahun,” jelas Yusuf di RSMM.

Dalam operasi katarak yang disediakan LPMAK, kerjasama dengan John Fawcett Foundation dan Pemerintah Daerah Mimika, diberikan juga kepada pasien yang di luar tujuh suku penerima layanan LPMAK. Menurut Yusuf, hal ini merupakan pemerataan pelayanan Suku Kamoro atau di wilayah pesisir. Namun seiring perkembangan yang ada, LPMAK pun tergerak untuk berkontribusi terhadap masyarakat Mimika umumnya agar bisa menurunkan angka pesakit katarak.

“Kita lihat memang ada isu yang perlu kita bantu untuk masyarakat di Mimika, dimana ada beberapa kasus di RSUD. Sehingga ini kontribusi dari LPMAK untuk masyarakat yang buta dan butuh pertolongan kita bisa berikan bantuan,” ungkap Yusuf.

Sementara itu, Project Manager John Fawcett Foundation I Nyoman Wardhana menjelaskan, pihaknya berkomitmen untuk melanjutkan pemeriksaan mata hingga operasi katarak dengan dukungan Biro Kesehatan LPMAK. Nyoman mengungkapkan, untuk pasien yang belum mendapatkan layanan pada tahun lalu, tentu harus diikut sertakan dalam tindak operasi tahun ini.

“Kami sudah mendukung LPMAK sebelumnya di Boat wilayah pesisir. Namun saat ini kami juga fokus untuk bantu masyarakat di Kota Timika,” ujar Nyoman.

Nyoman mengungkapkan, khusus pelayanan di Timika, John Fawcett Foundation menargetkan dapat membantu sekitar 50 masyarakat setiap tahunnya. Untuk itu, John Fawcett Foundation berharap, ada informasi publik yang lebih gencar lagi mengenai layanan operasi katarak gratis. (margye j waisapy)



Radio Online LPMAK
Media Sosial Kami
Twitter LPMAK

LPMAK Fanpage

SEJARAH KAMI

Pemerintah Provinsi Irian Jaya dan PT Freeport Indonesia (PTFI) pada bulan April 1996, memprakarsai suatu rencana pembangunan di kawasan operasi perusahan dengan sasaran utama pada sejumlah Kampung asli Amungme dan Kamoro di seputar kota Timika.

Rencana tersebut tidak berjalan mulus, hingga terbentuklah Program Pengembangan Masyarakat Timika Terpadu (PWT2) yang cakupannya lebih luas meliputi warga suku Amungme dan suku Kamoro serta kekerabatan lima suku yang berdomisili di Mimika.

Lembaga PWT2 telah mengelola Dana Kemitraan PTFI yang dialokasikan sebesar dari 1% penghasilan PTFI sebelum dipotong pajak dan kewajiban lainnya. Dua tahun kemudian pada bulan Agustus 1998, Masa transisi dan reposisi lembaga, di mana seluruh program yang dilakukan PWT2 dihentikan.

Baca selengkapnya ...

HUBUNGI KAMI :
Kantor Pusat (sekretariat) :
Jalan Yos Soedarso (Eks Incubator PTFI) Timika,
Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321521, 322450, 3217563.
Faks : 0901 – 321933, 323505.
Kantor Urusan Program :
Jalan Ahmad Yani, No. 68 A. Timika, Mimika – Papua 99910
Telepon : 0901 – 321817, 322888.
Faks: 0901 – 323318.
Website : www.lpmak.org
Facebook : lpmak
Twitter : @lpmak_
Website: lpmak.org
Peta Lokasi